Promo Telkom Speedy di Banjarmasin

Dua hari yang lalu, ketika pulang kemaleman, aku lihat ada rame-rame di depan Telkom Banjarmasin. Kelihatannya jualan hape Flexi, tapi terus aku tertarik melihat ada banner Speedy di sana. Hmmm, sudah lama aku ingin tahu lebih banyak tentang ADSL Speedy. Selama ini tahunya cuma dari telemarketing (itu lo, orang yang menelpon secara random untuk menawarkan barang/jasa) dari Telkom sendiri, dari Divre-nya di Balikpapan. Waktu itu aku semacam disurvey gitu, ditanya ini-itu tentang kebiasaan ber-internet, lalu ditawarkan Speedy. Kebetulan my cousin Nana sudah pake ini cukup lama, dan katanya sih kalo sudah pake Speedy (ingat dia home user), koneksi internet yang laen pada kebanting semua deh. Wah, untuk tipe inter users macam Nana, this must be good. Cuma, nah ada cumanya, dan kalo ada kata cuma ini, biasanya mesti hati-hati. Lihat deh di bawah nanti ya.

Jadi kemaren sore, aku sempatkan ke sana (cieeeh, macam orang sibuk bener). Di depan ada stand-stand yang jualan hape CDMA, sekaligus kartu perdana Flexi. Flexy Trendy ya yang prabayar itu, lupa deh. Lah, mana stand Speedy-nya? Waktu aku nanya-nanya, ternyata disilakan masuk ke kantor Telkomnya. Oh, oke, sounds serious.

Pas aku masuk (lama juga tidak ke sini, terakhir kali sudah 5 tahunan yang lalu, waktu bayar tagihan telpon), dan settingnya diubah menjadi cafe dan internet. Banyak komputer layar datar di meja-meja, dan ada juga meja yang diisi orang-orang pake laptop. Kebetulan ada 1 kursi kosong. Aku didekati sama SPB (sales promotion boy-nya, oi oi, muda banget sih, ngerti gak dia dengan pertanyaan2ku ya? hehehe, ini karena aku selalu ketemu customer service bego dimana-mana. Modal tampang doang).

Mulailah pertanyaan-pertanyaanku yang biasa. Apa saja paketnya, kecepatannya, stabilitas, install awal, apa sudah masuk area cakupan, layanan CS-nya, kapan mulai launching-nya, dsb.

Ini ringkasannya:

Ada 2 jenis paket Speedy. Yang Limited dan Unlimited. Nah untuk yang Limited, ada 2, yaitu yang paket sampai 750 MB/bulan, kecepatan up to 64/384 kbps(download/upload), minimal 16 kbps, itu abonemennya Rp 300.000, overquota Rp 700/Mb; dan paket sampai 2000 MB/bulan, kecepatan sama, itu abonemennya Rp 700.000, overquota Rp 700/Mb.
Paket yang Unlimited ada 2, untuk yang Home User Rp 2 juta/bulan (!!!!), kecepatan sama; untuk warnet Rp 3 juta/bulan (!!!!), kecepatan sama. Gila nih, mahal amat???? Kok mirip warnet harganya Home User?
Harga instalasi semua sama: Rp 150.000. Plus beli modem, bisa modem biasa, bisa yang wireless. Kita disilakan beli sendiri modemnya, tapi dia kasih daftar modem yang dia lisensi (huh!). Katanya harganya mulai Rp 500.000 sampai Rp 3 juta (huh lagi!) Jadi kalo diambil harga modem Rp 1,5 juta, harga install awal adalah Rp 150.000 + Rp Rp 1,5 juta + langganan limited 700 MB Rp 300.000 = Rp 1,95 juta. Lebih murah sih daripada tawaran wireless dari bagus.net kemaren.

Nah, sekarang prakteknya. Aku coba komputernya. Aku buka lagi situs-situs lambat macam: Bhinneka, Detik, dan Gmail. Wah, cepat memang. Aku juga coba video streaming, lumayan lah untuk home user, agak patah-patah sih yang akhir-akhir. Jauhlah pokoknya dibandingkan dial-up nya Telkomnet sendiri ataupun bagus.net.

Sekarang aku mau banding-bandingkan dengan ADSL nya Indonet (yang ternyata juga ikut ke Telkom, huh!), maklum cuma ini ISP laen yang ada, kalo penyedia jaringan internet laennya yang mahal-mahal (dan rata-rata kliennya bukan home-user) itu tidak dimasukkan. Yang ADSL Limited, Paket 1000 Mb/bulan harganya Rp 300.000, overquota Rp 700/Mb, kecepatan up to 384 kbps; Paket 2000 Mb/bulan harganya Rp 500.000, overquota Rp 700/Mb, kecepatan sama. Ya namanya juga ngambil dari Telkom, ya sama deh. Tapi jangan bilang itu murah dulu, karena juga ada Telkom Fee, untuk Paket 2000 Mb/bulan, bayar Rp 200.000/bulan, overquota Rp 500/Mb; Paket 2000 Mb/bulan, bayar Rp 350.000/bulan, overquota Rp 500/Mb. Plus bayar registrasi Indonet Rp 200.000, dan bayar registrasi Telkom Rp 200.000.
Yang Unlimitednya tidak terjangkau nih: ke Indonet Rp 2 juta/bulan, kecepatan sama; ke Telkom bayar Rp 1.520.000. Registrasi awal bayar ke Indonet Rp 500.000, ke Telkom Rp 2,5 juta.

Jadi kalo banding-banding ke Telkom Speedy, untuk yang paket 750 Mb/bulan plus quota (biar sama dengan yang Indonet ADSL), dibandingkan dengan paket 1000 Mb/bulan Indonet, harganya lebih mahal Indonet Rp 250.000. Untuk paket yang 2000 Mb/bulan, lebih mahal Indonet Rp 100.000. Nah, kalo untuk Unlimited, lebih mahal Indonet Rp 1.520.000. Ini Telkom Speedy mau membunuh Indonet ya? Kok membunuh kliennya sendiri.

Terus kalo banding-banding harga registrasi, untuk limited, lebih mahal Indonet Rp 250.000, untuk Unlimited, lebih mahal Indonet jauh: Rp 2.500.000. Alamak!

Tapi eh tetapi, kok banyak keluhan ya tentang Telkom Speedy? Terutama masalah tagihan, dan ini sudah lama benar aku baca, sejak 2004, lo. Coba lihat situs-situs ini: koneksi putus-putus (harap maklum, ini Telkom), masalah tagihan yang berlebihan yang katanya karena kesalahan sistem tagihan (bisa berjuta-juta loh bo), ngeri kan? My cousin juga bilang dia pernah ditagih begitu berjuta-juta, tapi kemudian katanya itu bisa diatasi dengan mencabut semua koneksi kabel ke Speedy, jangan hanya dimatiin koneksinya di komputer aja. Di forum kafegaul juga diributin, katanya itungan Mb-nya cepet banget, trus kalo yang unlimited, bandwidth-nya dimainin sama Telkom. dan banyak lagi contoh-contoh lain, di Kompas juga sering disebut-sebut.
Aku kepingin sih koneksi yang cepat, tapi kalo pake tipu-tipu begini, males juga. Oya, ada juga loh mailing listnya Speedy, sampe 2 biji lagi, di Yahoo!Groups. Bisa ngendon di sana dulu beberapa lama, denger-dengerin berita.

14 responses

  1. hanya mau nambahin: buat yang mau berlangganan mulai sekarang, dapet potongan separo (kalo gak salah) untuk biaya instalasi dan 3 bulan pemakaian

  2. Ini Telkom Speedy mau membunuh Indonet ya? Kok membunuh kliennya sendiri.  
    telkom? ya.. itulah..
    mungkin karena satu kata itu jugalah internet di indonesia mahal!?🙂
     

    Posted by hengky

  3. Sampai saat ini Speedy…gua masih ok. Kalo ada keluhan user, mudah koq, tinggal konfirmasi ke plaza telkom. Atau minta klarifikasi, agar gak termakan issue .Speedy benar-benar speed . 

    Posted by abu syamil

  4. mmmm…
    kalo masalah tipu menipu sih kayanya aku ga ketipu deh make speedy..
    mungkin klo masalah kecepatan, awal2 nya memang ngadat..
    tapi lama lama lancar juga…
    masalah pembayaran,,kita bs dateng ke plasa n bisa terlihat ko seberapa pemakaian kita..
    sebenernya klo mikir pake otak n didukung pengetahuan,dan bukan berdasarkan emosi bisa terselesaikan dengan baik koq…
    jadi yang namanya telkom menipu tu ga ada ku rasa…
    kalo sebuah perusahaan menginginkan keuntungan kan wajar…
    seperti kita juga kan yang tidak ingin rugi.
    tapi asal jangan konsumen aja yang dirugikan,

  5. wah speedy sangat mengecewakan udh hmpir seminggu speedy ngadat…

    sebener nya yang salaah sp sih…?

    Instaler nya atau telkom nya..?
    pada hal klo instal itu mudah bget… tp koneksi yang ada dikabel nya yg sering putus..?

    heran gwe perusahaan besar malah kayak gni..

  6. gimana ini,,
    jaringan nya gannguan terus,
    warnet saya bisa bangkrut ne kalo begini yerus, sampai kapan sih begini terus. . .
    bayar mahal-mahal..
    eh, tidak memuaskn. . . .

    1. Warnetnya dimana, bandwidth managernya pakai apa?

  7. bener tu pa lge buat warnet menengah bawah bsa sdah gulunk tikar

  8. akhir2 ini sering lemot nih…

  9. apaan nie speedy ko lag trs…
    mngecewakan nie …
    dperbaikin dunk di banjarmasin speedy nya…

  10. mw info lbih lanjut,,,,,,,,,hubungi andre(6111044)

  11. kalian bisa dapatkan onfo lebih jelas lg tentang speedy itu kyk gmna sih?
    hubungi az deh nomer aq,,,,,,,,,d jamin puas………
    ok……..
    by:Andre (agency insan mandiri)

  12. promonya yang kencang…tapi looooooooooooolaaaaaaaaaaaaa kenyataannya,satu bulan pertama aja yg bagus,berikutnya…..weleh..welehh

  13. pusing bnget , klo mau bikin warnet tp blm dapat promo bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: