Layanan 3G oleh Telkomsel

Waktu baca sekilas-sekilas Kompas pagi Rabu, aku lihat iklan Telkomsel sehalaman penuh. Tentang ajakan jadi 10.000 orang pertama yang akan dapat menikmati serunya dunia 3G Telkomsel. Bagi yang punya ponsel 3G, bisa mengirim ke SMS dengan isi pesan “3G” (tanpa tanda petik) ke nomor 3636 untuk mengaktifkan fasilitas 3G.

Dengan demikian, paling lambat sebulan lagi (kata Telkomsel sih ini), pelanggan 3G-nya bisa menikmati fasilitas video call, mobile TV, video streaming, content download, high-speed data access, dsb. Telkomsel sudah menandatangani kerjasama dengan Nokia, Ericsson, dan nantinya Siemens, untuk mendukung layanan ini. Telkomsel juga bekerjasama dengan SCM, Metro TV, Bizcom and Elasitas untuk penyedia content untuk mobile TV dan video-streaming. Sialnya, untuk tahap awal, layanan 3G baru akan tersedia di 9 kota (dan itu tak termasuk Banjarmasin): Medan, Palembang, Batam, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar and Balikpapan. Pada akhir 2006, katanya akan meningkat menjadi 20 kota.

Para early-adopters yang 10 ribu orang itu (lagi-lagi katanya) akan dapat penawaran gratis dan tarif khusus. Gak tau deh berapa tarifnya yang dibilang khusus itu. Mudahan setara dengan layanannya. Sampai saat ini, aku tetep puas dengan pelayanan Telkomsel (Red: ini bukan iklan, tapi kalo mau kasih honor karena nyebut2 gini, nanti saya sms-kan nomor rekening saya, Telkomsel).

Dengan demikian, Telkomsel adalah provider seluler pertama di Indonesia yang memperkenalkan 3G secara komersial. Mungkin sebentar lagi Indosat dan XL juga akan meluncurkan layanan 3G, karena mereka juga punya lisensinya. Di Asia, Indonesia adalah nomor 3 sesudah Singapura dan Malaysia yang meluncurkan 3G. Oya, sejak tahun lalu Indonesia juga meluncurkan jaringan 3G lainnya, yaitu CDMA2000 1xEV-DO, dan sudah diujicoba oleh Telkom, Mobile-8, dan Indosat.

Apaan sih 3G? Aku tadinya juga tidak tahu. Waktu nyari-nyari ponsel yang ada kemampuan EDGE-nya, kupikir itu sudah 3G, ternyata belum. Waktu baca review ponsel dan artikel-artikel terkait ponsel di tabloid ponsel atau di internet, banyak istilah-istilah yang tidak dimengerti, macam HCSCD, EV-DO, W-CDMA, UMTS, EGPRS, dan banyak lagi. Habis jalan-jalan ke Wikipedia, ternyata itu adalah istilah-istilah untuk teknologi transfer data. Aku coba sarikan di sini sesuai pemahamanku ya. Siapa tahu berguna bagi orang awam sepertiku yang lagi pengen beli ponsel.

Ada beberapa standar pelayanan transfer data, mulai dari 0G sampai 4G, mulai yang kecepatan terendah sampai tercepat. Aku kenal ponsel sejak era 1G, waktu itu temenku, yang jadi dosen komputer, ponselnya masih AMPS. AKu baru beli ponsel waktu sudah era GSM, yang termasuk 2G. HCSCD dan GPRS masuk antara teknologi 2G dan 3G, biasa disebut 2.5G. CDMA2000 1x dan EDGE disebut dengan teknologi 2.75G. W-CDMA dan 1xEV-DO masuk kategori 3G.

GSM (Global System for Mobile Communications) adalah standar ponsel paling populer saat ini, sehingga kita bisa membawa ponsel GSM kemana-mana di dunia. Kualitas suaranya tingginya, tetapi biaya relatif murah. GSM merupakan jaringan seluler, yang artinya ponsel berhubungan dengan jaringan GSM dengan mencari sel yang terdekat. Ada 4 range frekuensi yang digunakan, tapi paling banyak di 900 dan 1800 MHz.

HCSCD (High-Speed Circuit-Switched Data) adalah pengembangan dari sistem GSM (CSD), dimana dia menyediakan beberapa slot sekaligus, sehingga bahkan pada cuaca buruk, transfer datanya berkali-kali lipat lebih baik dari GSM. Cuma, ya itu, harganya jadi lebih mahal.

GPRS (General Packet Radio Service) berbeda dari GSM, dimana kalau pada GSM, begitu terhubung, maka sirkuit itu hanya bisa dipakai oleh si pemakai, sedangkan pada GPRS, pada satu saluran bisa dipakai beberapa orang sekaligus, dan bandwidth hanya digunakan bila lagi mentransfer data. Dengan demikian, walaupun GPRS bekerja dalam jaringan GSM, pemakaian GPRS tidak ditagih berdasarkan lama koneksi, tapi berdasarkan besar data yang ditransfer. Kalau kalian baca juga di iklan-iklan ponsel, ada GPRS class ini, class itu, ada yang GPRS 4+1, GPRS 3+2 dan macam-macam lagi. Nah class itu maksudnya memberikan indikasi seberapa banyak slot yang bisa dia pakai. Ada GPRS class 1 sampai class 12, semakin tinggi class-nya, semakin tinggi kecepatan transfer datanya. Kalo ditulis GPRS 4+1, itu maksudnya downlink slots-nya 4, dan uplink slot-nya 1 (= GPRS class 8). GPRS class 10 = GPRS 4+2. Kalau dibandingkan dengan HCSCD yang sama-sama termasuk 2.5G, GPRS lebih murah. Tapi kalau untuk download, HCSCD lebih baik, sih, katanya, karena circuit-switched data selalu lebih diprioritaskan daripada packet-switched data di sebuah mobile network.

CDMA2000 menggunakan CDMA (Code division multiple access), yaitu teknologi radio digital mobile yang mentransmisikan data dalam saluran yang dibagi-bagi menggunakan kode-kode (opo siy ini maksudnya). CDMA memungkinkan banyak radio sekaligus menggunakan saluran frekuensi yang sama. Jadinya, tentu lebih cepat dari GSM. Ada macam-macam standar CDMA2000, mulai CDMA2000 1x (1x disini maksudnya bekerja pada 1 pasang saluran radio 1,25 MHz), CDMA2000 3x (3×1,25 = 3,75 MHz –> belum rilis), CDMA2000 1xEV-DO (CDMA2000 1x plus kemampuan high data rate: downlink data sampai 3,1 Mbps dan uplink sampai 1,8Mbps) dan CDMA2000 1xEV-DV (lebih cepat lagi dari 1xEV-DO). CDMA2000 1x masih masuk 2.75G, sedang yang lain-lainnya sudah masuk 3G.

EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) atau sering juga disebut EGPRS (Enhanced GPRS) adalah pengembangan GPRS. Karena juga merupakan GPRS, EDGE bekerja dalam jaringan GSM, tetapi membutuhkan mobile set yang sudah mempunyai teknologi EDGE. Secara kecepatan, sebenarnya EDGE sudah bisa masuk kategori 3G.

W-CDMA (Wideband Code Division Multiple Access) adalah teknologi yang berada di belakang UMTS (Universal Mobile Telecommunications System), yang masuk dalam teknologi 3G. UMTS menggunakan infrastruktur GSM, dan mampu mentrasfer data sampai 1920 kbps.UMTS menggunakan sepasang saluran 5MHz, satu di range 1900 untuk downlink, dan 2100 untuk uplink. Walaupun menggunakan infrastruktur GSM, ponsel GSM biasa tidak bisa digunakan di jaringan UMTS. Ponsel yang mendukung 3G biasanya mempunyai dual mode: GSM & UMTS, jadi ponsel itu bisa menelpon memakai jaringan GSM. Kalau sedang menelpon sambil berpindah tempat ke daerah tanpa jaringan UMTS, maka dengan halusnya ponsel akan berpindah ke jaringan GSM. Jeleknya, ponsel seperti ini boros batre.

So, are you ready for broadband internet connection from your mobile?

Pic from: http://detikinet.com/

16 responses

  1. beuuuh… lengkap banget infonya… koran ja kalah lengkap… :)) btw, gadget gw masih sekolah kelas 1G… hikz.. ga naik2 kelas tuh

  2. huhu.. saya tersadar kalau ternyata saya gaptek sekali..
    lagi2 banjarmasin di anak tirikan dalam pelayanan ya?😦

  3. Whew.. mina.. baru kamu cewe yang ngebahas masalah ini sampe detil… nice…

  4. @bebek: serius loe? belum GSM?

    @hengky: iya saya juga ternyata gaptek. makin baca, makin kerasa gapteknya saya😀

    @anonymous: hi salam kenal, kamu siapa ya? 

    Posted by mina

  5. ah masa… makasih banget loh atas informasinya.. saya yang gaptek jadi bisa menjelaskan kepada teman2 saya tentang 3G dengan bantuan informasi dari mina.. :p

  6. Sebenernya gag enak nih komentari sendiri.. TELKOMSEL memang SELALU yg terdepan! *memerah*

    Saya sebagai karyawan (walau bawahan) juga turut bangga! ^_^

    btw, rangkumannya bisa dilihat disini!

  7. thanks mina bwt info nya, jadi sedikit melek nih saya😀

  8. allow..met kenal ya min…gue dapet link-nya dari blognya astrid *duh astrid lagi* oow di indonesia dah mo ada 3g ya? waduh selamat ya…pantesan kemaren kok dapet apdetan di sms…sayah mah masi kaga cuneng

  9. wah keliatannya ada spam tuh, apa menyepam diri. kalo teknologi 3G ada anti spamnya ngga yah, kali aja para hacker dah pada jago bisa ngehack jar-kom.

  10. halah… jadi merasa gaptek :p ini henfon juga udah kuno sih hihihihhh :D 

    Posted by fahmi jelek

  11. eh mo minta tolong….
    saya blm paham…
    kalo hp yang GSM 3G/UMTS bisa di pake CDMA juga gak?

    thank’s 

    Posted by ade thea

  12. @ade:
    gak bisa, cuma bisa GSM aja  

    Posted by mina

  13. Manfaat 3G yg paling besar yg kurasakan baru sebatas bisa YM dan MSN-an di jalan.. smp HP panas dan batre cepet drop… Bisa videophone-an dan nonton streaming video si memang, tapi ntah knp tdk pernah kupakai… kecuali kalau gratisan… 

    Posted by irfan

  14. aku malah cuma make GPRS nya untuk ngintip blogku, apakah ada komen baru? hihihi…. 

    Posted by mina

  15. yg menghambat cuman..biaya utk:
    – beli 3G device
    – byr pulsa

    kl gak salah..selama ini br utk fun (video call, mobile tv) aja..ntar2 mo dipake telemedicine deh.. 

    Posted by dani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: