TBM-Cs dan Kompetisi PMR Wira

tbm.jpgDua hari libur minggu kemaren, 31 Maret sampai 1 April, Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) mengadakan PMR Competition untuk tingkat SMTA (haduh, jaman dulu banget yah istilah ini hehehe) se-Kalsel. Sori, maksudku tingkat SMU, kesalahan pilihan akronim itu salahku, bukan salah TBM *sambil melirik ngeri ke Ketua TBM yang cepet panasnya persis aku waktu saya masih muda (halah) heheheh* TBM itu semacam Palang Merah Remaja, tapi karena anggotanya mahasiswa FK, maka namanya ya TBM, dengan embel-embel kata Calamus scriptorius, biasa disingkat TBM-Cs. Kenapa diberi nama itu ya? Aku tidak tahu pasti, bukan aku yang mendirikan. Tanya Meitria deh, salah satu dedengkot TBM yang sekarang udah jadi dokter dan dosen (huhuy!). Tetapi, secara anatomis, calamus scriptorius adalah bagian bawah fossa rhomboideus (bagian depannya ventrikel IV). Heh, tambah bingung ya? Pokoknya itu nama salah satu tempat di otak๐Ÿ˜€

Anak-anak TBM-CS ini, tidak seperti Palang Merah biasa yang umumnya latar belakangnya tidak selalu berpendidikan medis, mempunyai kemampuan teknik medis sederhana, tentu belum sampai klinis, karena umumnya anggotanya masih mahasiswa tingkat sarjana, belum tingkat profesi. Sudah banyak anggota TBM yang menjalani ko-ass, bahkan sudah ada yang jadi dokter. Anak-anak koass biasanya tetap diperbantukan di semua kegiatan TBM, kalau mereka bisa melepaskan diri dari kesibukan mereka diuyel-uyel oleh para dokter, bidan dan perawat di rumah sakit. Oya, TBM-CS didirikan pada tahun 1995, bulan Oktober.

Acara ini diikuti 16 tim (putra dan putri), sampai yang jauh-jauh dari Barabai dan Satui. Sabtu tanggal 31 Maret jam 10 Kompetisi ini dimulai di Kampus FK-Unlam Banjarbaru dengan Lomba Cerdas Cermat. Siangnya disambung dengan Lomba Bongkar-Pasang Tenda Darurat.

dapurumum.jpgSore jam 4 lewat, sambung lagi dengan Lomba Dapur Umum. Nah, jam segini baru aku tiba di lokasi, di depan Gedung IKM. Disuruh jadi Juri Dapur Umum๐Ÿ™‚ Kalo urusan makanan, hayuk aja! Gak ada bertanya-tanya lagi, langsung mau heheheh…. Lomba dilakukan di halaman depan gedung, masing-masing PMR hanya diwakili oleh 2 orang, silakan aja mau pasangan putri-putri, putra-putri, atau putra-putra. Mereka diminta bikin masakan untuk 4 orang, dengan biaya maksimal 15 ribu rupiah. Hasil akhir harus dibungkus. Lomba Dapur Umum itu jadi lebih mirip Lomba Masak, karena ada yang bakar ikan segala. Dapur Umum gitu loh, mosok bakar-bakar ikan. Ada yang masak sop, ada yang masak ikan bakar plus lalap, ada yang masak udang dan oseng-oseng, ada yang masak telur rebus dan oseng tahu dan kacangpanjang, macam-macam deh. Pokoknya baunya sore itu enak banget. Tu di foto anak-anak PMR SMA 1 Satui sedang ngiris-ngiris tempe. Di latar belakang, yang pake baju hijau tua, adalah anak-anak TBM FK-Unlam.

Sore habis azan magrib aku pulang ke Banjarmasin. Setahuku, malamnya diadakan Lomba Tandu Darurat dan Api Unggun. Acara mungkin selesai sekitar tengah malam. Habis itu ternyata hujan lebat dengan angin ribut lengkap. Tenda-tenda peserta di lapangan dekat Gedung PSKM kebanjiran hujan. Denger-denger sih peserta pada panik, ada yang sesak nafas, sakit perut, maag, dsb, sebagian psikosomatis ketakutan kena angin dan hujan. Pikirku sih kalo Tim PMR itu ya siap menghadapi segala cuaca, panas terik, banjir, angin ribut, gak mandi, kelaperan dan sebagainya (sadis ya aku). Tapi terus teringat bahwa mereka ini kan masih anak-anak. Sibuk lah anak-anak TBM menggotong-gotong peserta yang histeris ke gedung-gedung. Peserta lainnya yang gak sakit dipindahkan juga ke gedung dan tidur di sana. Heboh pokoknya. Memberi satu point lesson learned buat anak-anak TBM yang jadi panitia.

Besoknya aku balik ke Kampus pagi-pagi (sarapan dikit banget, gara-gara telat bangun), karena rencananya jam 8 sudah harus berangkat ke Lembaga Pendidikan Pramuka Daerah (Lemdikada) Banjarbaru, yang lokasinya di jalan ke arah Mandiangin. Areanya luas sekali, berhutan-hutan, ada semacam danau di tengah, dan sungai-sungai kecil berlumpur, pas banget buat Wide Game (bener gak nih tulisannya gini, dari dulu gak tau cara nulisnya). Ternyata jam 9 baru berangkat ke Lemdikada. Dan acara Lomba Wide Game-nya sendiri baru mulai jam 11. Aku jadi juri lagi nih, di Pos II, yaitu Pos Pertolongan Pertama. Pos I untuk Isolasi (cek kelengkapan alat). Pos III untuk halang rintang gorong-gorong. Pos IV untuk halang rintang lorong sempit (halang rintang sungainya di mana ya?). Pos V untuk Ambulance dan RS. Di setiap Pos ada para tetua TBM, seperti Meitria, Indra (eks Asisten Farma nih, sekarang udah koass), Nida (juga sudah koass), Aulia, Agus, Nata, Dina, dsb dsb. By the way, guys, lama-lama jadi naksir deh sama seragamnya TBM yang ijo tua itu. My kind of color tuh, dan modelnya juga maskulin banget.

pos2.jpgHari itu panas menggelantang, kebayang gak sih tuh anak-anak, sudah stress malam sebelumnya, stress di Pos II (hehehe), trus mesti menggotong tandu berisi “korban” melalui gorong-gorong berlumpur, lorong sempit, sungai, jalan di dalam hutan, dibawah sinar matahari terik? Juri aja kepanasan, padahal cuma duduk (dan mengunyah). Sambil sesekali mengomeli peserta, ini kerjaannya juri dari PMI dan PMR. Juri Pos II terdiri dari aku, 1 anak koass anggota TBM, 2 dari PMI, dan 1 dari PMR Banjarmasin. Mereka mungkin geregetan melihat respon yang lambat dari peserta, cara peserta yang kasar banget memeriksa korban, sampe kebingungan apa yang harus dilakukan. Padahal pastinya kan sudah diajari oleh para pelatih. Di foto, dari kiri tu Alfred, Diah (eks Koti Farma, salah satu yang paling rajin), Hasrul (Koordinator Acara), someone, Efrilia, dan Nida, semuanya dari TBM. Bapak-bapak dan mas-mas sisanya dari PMI dan PMR.

victims.jpgPenjurian dilakukan dengan menggunakan checklist standar dari PMI (walau menurutku masih banyak yang harus diperbaiki, karena membuka subyektivitas yang luas dan ada beberapa point yang terulang, sedangkan point penting ada yang tidak dimasukkan, seperti antisepsis, waktu, urutan dsb). Beberapa SMA kentara sekali sangat trampil dan sudah sering ikut lomba seperti ini, sedangkan beberapa SMA lainnya nampak bingung, ada yang langsung menaikkan pasien ke tandu, setelah intip sana-intip sini. Ada yang langsung memberikan bantuan nafas mulut-ke-mulut tanpa sebab, sampe-sampe korban yang tadinya akting tidak sadar terpaksa bangun, karena sebal dicium paksa gitu hehehe… Korban diambil dari peserta juga, tapi korban dari SMA A akan menjadi korban SMA lain, bukan dari SMA-nya sendiri. Ini adalah foto “korban”. Pita hijau itu adalah lokasi traumanya: 1 pita artinya perdarahan/luka luar, 2 pita artinya memar dan patah di dalam, 3 pita artinya patah tulang terbuka.

gorong.jpgJam 3 lewat, Pos II selesai melaksanakan tugas, lalu para juri jalan mengikuti jalur yang harus dilalui peserta. Menurutku jalur yang dibuatkan panitia terlalu mudah, kalo gak bawa tandu๐Ÿ˜€ Pos terdekat dengan Pos II, yaitu Pos III adalah gorong-gorong. Mereka mesti masuk ke sungai kecil berlumpur setinggi paha (untuk yang tingginya rata-rata, soalnya ada yang kecil imut banget badannya), masuk di bawah gorong-gorong bikinan panitia, dari ranting-ranting yang diikat melengkung di atas sungai. Rata-rata tergelincir pas naik, karena becek banget. Panitia yang nungguin Pos III kebetulan cowok-cowok, suka gak tega kayaknya melihat cewek terpeleset-peleset, sampe-sampe kadang ikut nolong, akhirnya dia sendiri tercebur berkali-kali. Makanya, Fred, terlalu baik sih kamu.

Pos berikutnya banyakan ditungguin oleh juri dan panitia cewek. Aku gak liat proses di sini, karena pengen cepet-cepet minum es, haus banget! Jam 4-an baru bisa balik ke Kampus, habis mengumpulkan nilai dari juri-juri lain, minum, dan nungguin kelompok terakhir (cewek) sampe di pos terakhir. Lamanya bukan main, ternyata tandu mereka patah di tengah jalan.

smada.jpgHabis Magrib, diumumkan juara per lomba, dan Juara Umum. Juara Umum dimenangkan oleh SMKN 1 Banjarmasin (eks SMEA). Juara 2-nya PMR SMAN 2 Banjarmasin (SMA aku dulu, euy!). Juara 3-nya SMAN 1 Banjarmasin. Semua piala dibabat habis oleh SMA-SMA yang berlokasi di kompleks sekolah di Mulawarman. Terus terang, aku melihat Tim PMR SMAN 2 Banjarmasin sangat kompak, responnya cepat, step-stepnya dilakukan semua, terutama Tim Puteri-nya yang suaranya kedengeran ke mana-mana saking nyaringnya (ni foto Tim Putri SMA 2 Banjarmasin in action). Begini ini nih Tim PMR yang oke. Bravo SMADA! (lupa bahwa sebenarnya yang menang SMKN 1).

Untuk acara yang diadakan dengan persiapan yang sangat pendek (pemberitahuan cuma 1 minggu), acaranya cukup sukses, lumayan 8 SMA ikutan. Banyak yang harus diperbaiki di sana-sini, tapi pelajaran-pelajaran yang diperoleh Panitia bisa dipakai buat lebih mensukseskan acara serupa tahun depan. Er, akan ada acara gini lagi kan tahun depan? Aku diajak lagi kan?๐Ÿ˜€ Jauhin lagi dong lokasi acaranya?

21 responses

  1. kalo pramukanya dilibatkan kayaknya masi ‘masuk’ deh scr dpt jg teori ala pmr..kl gak salah, di pramuka dpt sekilas jg dari tim pencinta alam..dan jg sebaliknya saling melengkapi..๐Ÿ™‚

    wah libur2 diisi acara positif..

  2. o i a..
    kl di tag img src ditambahin hspace=”30″ misalnya..ngefek ngga ya..biar gak mepet..
    → apa tgt tema ya..

  3. waaks kena moderasi yg sblm ini..cuman iseng pake kode ‘tt’ gak bole ya..

    o i a..
    kl di tag img src ditambahin hspace="30" misalnya..ngefek ngga ya..biar gak mepet..
    → apa tgt tema ya..

  4. ooo…delay…ternyata gak bisa pake ‘tt’, pake ‘code’ bisa..๐Ÿ˜€

  5. SMA ku mana ya…..?. Gak ikut ato kamu diskualifikasi?…Jurinya gak maen mata khan sama peserta…?He…he…he…

  6. dani sibuk๐Ÿ˜€ yap, mepet banget image-nya. tar diperbaiki. WP, hiks, penuh batasan.

    yi: dirimyuh SMA mana sih dulu? SMA 3 atau SMA 7 ya? lupa. gak ada tuh mereka. gak siap kali, wong undangan disebar 1 minggu sebelum acara gitu.

  7. Mudah-mudahan 2 tahun ke depan masih ada… siapa tahu aku diajak jadi juri juga… hehehehehe (mode mengharap: ON)

  8. positip banget kegiatannya….selamat…:)
    salam kenal dariku…:)

  9. huaaaa, ketinggalan selamatan pindah rumah.
    Saya mau lho jadi juri Lomba Dapur Umum, bagian ngicipi sambil mantuk-mantuk๐Ÿ˜€

  10. aku belon ganti link-mu ya..he..he sorry. kok ndak ada shoutbox-nya ? Gimana puas pake WP, aku pernah pindah WP nggak lama balik lagi ke blogspot. *curhatt

  11. gak puas sih sebenarnya, manda. tapi lagi sebel sama blogger2, sih…

  12. wah seru!!

    jadi inget acara kemping pas SMA..

    ada mandi lumpur, di lereng merbabu..

    mana gitu, daerahnya angker..

    wekekek..

    wah, itu cewek-cewek SMADA-nya keknya manis juga..

    *ketawa iblis setelah ngeklik fotonya*

  13. Ok juga kegiatannya… biar ngurangi rasa takut periksa ke dokter ya..

  14. rumah baru thoo..???

    pke WP thoo…?????
    bagooss.s…..

    btw,lbh keren klo pke key code…
    biar ga banyak supem..!!!!

  15. di Unsri,, cuma anak yang ikut TBM yang boelh bantu bantu ATLS,, karena Ma bukan TBM, ga boleh,, sediihh,, irii,,!! *kok jadi curhat,,*๐Ÿ™‚

  16. Nyesel dulu aku gak ikut PMR. Sekarang kuliah di FKG pun gak diajari gawat darurat medik. Padahal kan penting. Gak tau napa..

  17. btw, BTLS itu apa ya? aku di Surbaya nih. Kan beda kota

  18. rame juga yah ikutan kayak gitu… cuman dulu aku ga sempet ikut kayak gituan…
    bukan ga sempet sih, cuman emang males-nya ga ketulungan… :p

  19. hi dok, how are you?

  20. Boleh share dong ke email saya via japri, krn kita mo ngadain lomba yg sama…bisa kan?Trims

  21. Salam Tutti Fratelli……..
    Minggu, 10 Mei 2009 lalu di Surabaya ada lomba PMR di SMKN 5 Sby……Dimana ada juga peserta dari Banjarmasin yg ikutan,…..Bravo PMR Banjarmasin!!!! Salut buat kalian, meski jauh tidak masalah demi ilmu kepalangmerahan……

    Buat pak Edi,bang Martha,pa kabar….???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: