Kaleidoskop 2008 versi Mina

Tahun 2008 sudah berlalu, ckckckck…. Lagi-lagi tidak terasa. Apa resolusiku tahun lalu? *ngubek-ngubek postingan sendiri* Ah ini dia.

Hmmm…  ternyata cuma nomor 6 yang kulakukan dengan agak serius. Kalau gitu tidak usah bikin resolusi baru, cukup meneruskan resolusi lama :p

Kali ini aku ingin menulis tentang apa yang terjadi sepanjang tahun ini aja deh.   Tahun ini aku lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman-teman (dibanding tahun sebelumnya). Bukaaan, bukan mengurangi intensitas online, justru nambah hehehehe… Teman offline dan online sekarang batasnya jadi kabur. Di online ketemunya yang itu, di offline ketemunya itu lagi. Tahun ini juga mulai jelas siapa di antara sohib-sohibku yang gila jalan-jalan. Aku juga banyak bertemu orang baru dan orang “baru” (yang sudah lama kenal online, tapi baru bertemu sekarang). Pokoknya tema 2008 adalah bersosialisasi :p

03Dari awal tahun 2008 sampai Juli 2008, aku masih jadi mahasiswa Magister di FKUI , jadi masih bolak-balik sebulan sekali ke Jakarta. Sesuatu yang tadinya kupikir asyik banget, tapi ternyata bikin tepar dan kurus (memangnya bisa lebih kurus lagi?). Untungnya teman-teman seangkatan semua lucu, semua cepat lapar, dan seperti semua mahasiswa berusia tua di dunia:  semua ngantuk kalau dengar kuliah, jadi semua sibuk dengan laptop sok mencatat, padahal browsing dan download. Oke, Rizki mungkin tidak. Selama bulan-bulan terakhir, kami tinggal di Apartemen, dan sialnya dosen pembimbingnya juga. Gak heran kalau konsultasi dan bimbingan sering sampai jam 2 pagi. Kami jadi semakin tepar dan gak fokus kalo sudah siang. Aku kok merasa dosen pembimbingnya sebenarnya insomniak tulen, yang butuh teman ngobrol di malam hari. Sementara kami semua manusia siang yang butuh tidur kalo malam.

Tahun ini aku memegang project pendanaan hibah untuk FK, sehingga agak cepat marah. Dan kurus juga hihihi. Asisten-asistenku juga jadi cepat marah. Panduan yang berganti-ganti dan aturan yang tidak baku membuat sebal. Segala paperworks-nya jauh lebih menyebalkan daripada pelaksanaan kegiatannya yang mesti ngutang ke FK dulu, karena model pendanaan dari departemen selalu begini: buat proposal, lakukan, buat laporan, baru deh keluar uangnya. Lah memangnya kita punya duit? Makanya ikut hibah, kalo sudah kaya sih gak usah ikut-ikut cari dana.

01Salah satu akibat project ini adalah: Anna harus magang Farmakologi ke UGM. Dia senang, kami senang, karena jadi ada alasan jalan-jalan ke Jogja. Maaf, bukan dengan uang project ya, semua dengan uang sendiri. Gimana mau pakai uang project, pelaksanaan project aja pake ngutang dulu ke FK. Anyway, ini pertama kali kami bepergian dalam formasi lumayan lengkap. Bahri, Rina, Anna, aku. Nida kali ini gak ikut, dan Adi gak tahu kenapa gak ikut waktu itu. Foto-foto ke mana-mana, terutama ke depan Gedung Pascasarjana dong.

02Mei 2008. Kopdar akbar pertama Kubugil ‘n friends. Gerombolan bawah tanah ini akhirnya go public. Dulu kenal hanya dari nama dan fotonya doang, akhirnya bertemu dengan sebagian besar dari mereka. Sebelumnya cuma pernah ketemu saya Yuli di Jogja, dan Miss Antie, Maria dan Imgar di Bandung. Senang banget dan terharu juga dengan partisipasi teman-teman friends of kubugil. Juga tercengang dengan partisipasi para penerbit, tapi tentunya ini berkat orang-orang hebat di dunia review buku seperti Tanzil dan Perca, serta para editor di penerbit yang juga anggota Kubugil.

04Juni 2008, maunya kopdar dengan anak-anak  Goodreads Indonesia. Akhirnya yang muncul cuma Silvana dan Roos. Aku ngajak juga Vina dan Cippy. Jadilah itu  kopdar gabungan  forum Kafegaul, Webgaul, EMO, Kubugil, dan Goodreads Indonesia.

08Juni 2008 adalah bulan jalan-jalan. Buat gerombolan Bahri, Rina, Anna, Nida, dan Adi, tentunya. Kebetulan aku masih di Jakarta habis kuliah. Jadilah kami ke Bandung dan Jakarta selama beberapa hari. Sesi foto-foto anehnya banyak banget, dan tidak layak sama sekali ditampilkan di sini, bisa menurunkan harkat dan martabat orang-orang tertentu hihihi… Di Bandung kita ke hampir semua tempat makan yang disebut di buku Jalan-jalan di Bandung yang kubeli, dan mendatangi hampir semua FO dan tempat wisata yang bisa dicapai. Dan diriku tidak belanja sama sekali, hebat kan? Kecuali makanan.  G ikut gabung sehari dua, tapi dia sedang sakit, sehingga yang dasarnya sudah pendiam, ya tambah pendiam.

09Jakarta diisi dengan ke Dufan pastinya. Gak kehitung lagi aku ke Dufan berapa kali tahun ini. Sampai bosan, kecuali untuk Tornado-nya. Mau seratus kali sehari juga hayuk. Oya, kami nginap di Mess Pemda Kalsel yang di Genjing, dan omong-omong, walau murah, sangat tidak disarankan *masih seram dengan muncratan air kalo lagi membuka shower* Mana aku lagi PMS😀 Aku heran ya, para anggota DPR katanya suka nginap di sini, kenapa seh mereka, gak ada dapat duit akomodasi ya? Saran juga buat Pemda Kalse, Mess Pemda kok menyedihkan seperti itu. Aku tidak pernah lagi menginap di sana, kecuali sangat sangat sangat terpaksa.

10Juli 2008. Ke Bandung lagi, kali ini dengan Perca. Acaranya ber-itu-nya Maria ini dihadiri dengan heboh oleh hampir semua Kubugil kecuali Pengasap dan Rahib, dan hampir semua Friends of Kubugil tumplek blek di Bandung. Acara pernikahan yang keren, diadakan malam, dengan konsep acara yang terstruktur.

11Sesudah pulang ke Banjarmasin, diajakin Mansup ke acara pendirian Komunitas Blogger Kayuh Baimbai. Bertemu dengan banyak gajah-gajah blogger Kalsel yang terkenal, seperti Pakacil, Arsyad Indradi, Harie, dan banyak lagi. Agak berat acaranya, sehingga aku pulang duluan. Habis ada acara mau menetapkan AD-ART segala, ya ampun, santai aja kenapa? Untungnya akhirnya tidak seribet itu. Dalam waktu dekat akan ada acara Aruh Blogger, kalian blogger Kalsel sudah pada tahu belum?

12Agustus 2008. Akhirnya lulus juga fiiuuuuh… No more jalan-jalan sebulan sekali ke Jakarta. Begitu rupanya acara wisuda Pascasarjana. Semuanya serba simbolis (kayak di UGM juga). Yang duduk di depan para lulusan cumlaude, jadi tentunya kami gak kesorot tivi. Acara wisudanya ini agak kisruh, terutama waktu ngambil buku Wisudanya.  Kalo gak ada Hendri yang mau berdesak-desak berebutan buku Wisuda, aku mending gak usah bawa pulang buku itu.  Habis gitu, dengan cerdasnya, semua pirantiku: jubah wisuda, topi wisuda, buku wisuda, bahkan my high heels, ketinggalan di mobil yang kami sewa, yang baru aku sadari besoknya. Minta uruskan temanku yang kenal sama pemilik mobil sewaan, sampai sekarang belum diurusin karena dia sibuk keliling Indonesia. Huh.

13Oktober 2008. Ke Banda Aceh lagi, kali ini lebih ribet, karena harus me-manage acara pelatihan Manajemen Obat dan Obat Rasional buat dokter Puskesmas di sana. Biasanya bukan aku yang urusin, aku tinggal datang saja. Awalnya rada ribet, untungnya Mbak Dewi dari UGM dan Enrico dari GITEC sangat membantu. Sedihnya warung makan Banda yang dulu sudah tutup, bangkrut katanya. Mahal gitu kok bangkrut ya. Jadinya aku makan ayam sampah di tempat lain, sampai 3 kali, dan gak ada yang enak, walau menurut orang asli sana, enak.

19Nopember 2008 adalah bulan perayaan Dies Natalis FK-Unlam. Sekalinya jadi juri, malah disuruh jadi juri Cheers for Him. Harusnya si B, tapi dia milih jadi juri Dangdut hihihi…. Terperangah melihat lomba ini sesudah bertahun-tahun tidak melihat anak-anak cowok yang sudah putus urat malu ini nge-dance. Omong-omong, awalnya cheerleaders itu memang cowok ternyata.  Lagi-lagi, angkatan 2006 yang menang, bagaimana lagi, koreografinya asik, gerakan kompak, dan 2 yang terdepan: Gondes dan Tarigan, menjiwai banget astagaaaa…. Sebuah penghargaan juga diberikan untuk Kedokteran Angkatan 2008, yang begitu sibuk dengan himpitan kuliah, tutorial, skills lab, praktikum, study skills, tugas mandiri, tapi masih sempat latihan untuk ikut acara ini dan berhasil memperoleh juara II.

20Desember 2008, kami ke Jogja lagi. Sebenarnya sudah berbulan-bulan merencanakannya, tapi mundur-mundur terus gara-gara ada visitasi untuk project-ku dan project-nya Adi. Akhirnya kami berangkat sendiri-sendiri ke Jogja, kecuali diirku, yang bareng Rina. Asyik banget, karena segalanya serba tanpa rencana di sana, termasuk arung jeram.

Tahun 2008 ditutup dengan keberangkatan one of my close friends: Razi, untuk sekolah lagi. Sudah 2 nih yang pergi, Yuda dan Razi. Aku pengen sekolah lagi!

Untuk melihat foto-foto dengan resolusi sedikit lebih tinggi, silakan ke blog saya yang satunya.

45 responses

  1. Wah, keren, terangkai dengan rapih, memori tetap di ingat sepanjang masa, cool!

  2. halo..Mina met kenal aja ya…

  3. Lho, Min…di jkt tho?
    Sampe kapan?

  4. lama ndak nongol.. met tahun baru, mbak!

  5. Met tahun baru ya….

  6. Gyahahahaha…. Ka Alfi rajin euy *tumben*, pake bikin kaleidoskop segalaaa…. Tapi aku juga maaaauuuu jalan-jalan ke Jogjaaaaa…
    baidewei… Selamat Tahun Baaaarruuuuuu… ^_^

  7. @raff: berkat bantuan foto-foto yang disimpan dalam folder tanggal, raff🙂

    @yulianbjm: salam kenal juga🙂 apakah ini yayan yang dulu di SMADA? bukan ya? hihihi…

    @fahmi: enggak, sekarang di banjarmasin, mi. kapan nih ngajak wisata kuliner kalo di jakarta?

    @zam: met tahun baru juga, zam🙂 tahun ini mau lebih rajin menulis.

    @anton: sama-sama ya🙂

    @ami: ke jogja yuuuk, kapan dirimu balik ke oz, jeng?

  8. gajah?
    punya belalai maksudnya?🙄

  9. hwaaaa diriku selalu ada di jalan2nya….😀 & selalu sakit :((

  10. @pakacil: yang jelas bukan elephantiasis, hihihi….

    @anna: tapi yang terakhir-terakhir kan dirimu sehat-walafiat kan, jeng🙂

    @ario: sama-sama, ario🙂

  11. met kanal ya mba…

  12. makasi ya dr. Alfi,, senengnya dapat comment tuk pertama kalinya..hihi..

  13. Salam kenal mbak,lompat dari profilenya di goodreads😀.
    Tadi aku add jadi temen, di approve ya mbak…*halah*

  14. Salam kenal mbak, lompat dari profilenya di goodreads. Tadi aku add jadi contact, di approve ya mbak😀 *halah*

  15. Keliling – keliling dari kota yang satu ke kota yang lain adalah pengalaman yang mengesankan.Tapi yang bikin risau adalah bila kocek kian menipis. Soalnya mata tak mudah dibujuk, mulut tak mudah kompromi.Yap !
    O ya, Anggt K Baimbai nangkring di blogku, yeaaah.

  16. selamat tahun baru Min…

  17. happy new year 2009..
    he3x..

  18. owh,dr. Alfi suka yang Alive th?? sy br tw ^^
    btw..terima kasih sudah beri komentar di blog sy..
    arigatou gozaimasu sensei ^^

  19. @soulharmony: ini masih gatal-gatal pengen jalan-jalan lagi.

    @mrpall: salam kenal juga ya🙂

    @imam: selamat ya, sudah terjebak ke dunia blog xixixixixi…

    @kiky: sudah di-add tuh🙂

    @arsyad: nah, ini dia, gajah blogger banjar lainnya berkunjung🙂 silakan pak… mau teh?

    @itikkecil & @annosmile: met tahun baru juga yaaa….

    @iqbal: suka bangeeet!

  20. wooo… jalan2 terus aja ibu ini. Jadi ngiri aja.

  21. jalan-jalan terus sepanjang taon, jeng? saya aja udah lupa bulan januari 2008 pergi kemana…

  22. makasih bwt commentnya dok!!

  23. malihat matan gambar-bambarnya, pinanya rami banar. Apa garang ni tih kisahnya?
    u iih. Salam knl lah…

  24. dr. Alfi, I guarantee that next year we’ll be the champion for pompomboys, or it is a shame for us to be known as PSPD 2008

  25. @astri: tapi kan dirimu lebih duluan umrah, bu?🙂

    @khofia: dirimu juga jalan-jalan terus, minimal jogja-jakarta kan?

    @zian: salam kenal🙂

    @susandy: beneran ya, kita buktikan tahun depan.

  26. Uyuh sekalinya sekolah dengan sistem kerajaan,siap2 makan hati dan korban perasaan…Jadi usulku sekolah yang manusiawi

  27. razyyyyy! kangen! :p kangen ada pengganti jaga, heheheheh…
    aduh bekesah pang kayak apa rasanya sekolah pake gaya feodal. rere aja kemaren kurus dan matanya cekuuuung banar, tekajut tu pang melihat.
    bikin blog, bekesah lah lah lah….

    kayaknya aku sekolah S3 aja gin lah *stress membayangkan diinjak-injak senior kalo sekolah spesialis*

  28. sebelum berangkat sekolah “mengabdi” dulu jadi kordok sarmul lah….mau aja kalu

  29. @uyi: tidaaaaak! biar asmaul aja🙂

  30. … buat saya tahun 2007 – 2011 adalah tahun yang sangat melelahkan… plus agenda krisis ekonomi…. agenda… project… oh tidak….
    Btw, kalo kita gak tidur selama bebarapa hari tu bahaya gak sih? Bisa mengurangi IQ??

  31. gatau kenapa, saya selalu susah klo mencoba bikin kaleidoskop n resolusi semacam ini. btw, lam kenal ya!

  32. halo..Mina met kenal aja ya… boleh neh q mampir sambil baca2 post…

  33. Gimana Mina, ada trik-trik yang bakal kau lontarkan di tahun 2009 ? ( Minumku tuak he he he, terima kasih )
    Pasalnya di tahun 2000 + 9 ini, kita masih meraba-raba jalan yang mana akan ditempuh. Atau ada jalan yang sudah pasti yang telah kau temukan ? Terus terang aku belum. Aku masih membuka kelopak mataku yang berat tak mau melek. Tapi aku berharap minimal dapat mengepulkan asap rokok dan tangan masih bisa digerakkan untuk menulis. Salam kreatif

  34. mau sekolah lagi?
    iri dengan mereka…?

    ok…
    gimana kalo dimulai dengan short course dulu?
    sip?
    OK?

    holland…is waiting… hahaha

  35. wah.. ada kaleidoskop sgala… keren2..😀

  36. Terus 2009, ada rencana ke Surabaya lagi gak mbak ?? meet me😀

  37. wah ga nyangka kau rajin jg ya bu bikin kaleidoskop segala🙂 … tp bu kok yg dipilih foto diriku yg tmpak belakang sihh…

  38. @mizu: yang jelas sih bisa gak nyambung kalo diajak ngomong (karena tidur hihihi)

    @tan & @mrpall: salam kenal juga🙂

    @arsyad: oom, malah saya mau berguru pada oom, mohon petunjuknya *menjura*

    @B: huahuahuaaa… belum beres-beres juga aku baca segala file yang kaukirim… hiks…

    @aliefte: waks muncul juga alief di sini hehehehe

    @fenty: next time ke surabaya, aku pasti kopdaran sama kalian, kan kalian dah janji mau nraktir merayakan kalian jadian (wah kok rasanya sudah lama banget yah hihihih)

    @rina: iuuh, justru dirimu kan keren kalo nampak dari belakang, jeng *menghilang*

  39. waduh belum pernah ikut mba mina nh selama di KB….yang man ya…😀

  40. heeee…. maksudnya lom pernah ketemu ikut

  41. @dillah: cuma pernah ikut sekali. kalo ketemu di luaran bukan pas kopdar sih sering, terutama sama si nista mansup *huek*

  42. fi, sekolah lagi! kamu bisa, dear! ke Abroad sana, sista!Seamangat terus untuk maju, aku selalu mendukungmu!!! work hard, study hard, tapi having fun, jalan-jalan dan makan-makan juga hard! well done, friend! keep up your good work. 2008 bagiku tahun tersedih dalam hidupku, 35 tahun hidupku selalu ada dia disisiku, yang melindungiku, membimbingku, memarahiku, mendengarkan keluh kesahku, lelaki yg paling kuhormati dan kucintai, yg menemaniku menonton bola, begitu banyak kenangan yg kuhabiskan dnegannya, dia bukan manusia yang sempurna tapi dia Ayah terbaik yg pernah kumiliki. Waktu itu telah tiba, 17 Januari 2008, saat dia kembali pada penciptaNYa. Aku tidak menangis. aku hanya menangis dalam hati…dan tangis itu terus ada bersama kenangan tetangnya. Abahku, seorang Abah yang setia pada istrinya, sayang dan tulus memberi dan hanya memberi untuk anak2nya, kakek yang begitu cinta pada cucunya….Selamat jalan, Abah. Cintamu selalu ada disini, dihatiku. (eh aku malah curhat…yaaa)

  43. […] lagi, terakhir kali post adalah Januari tahun lalu, dan terakhir kali ngomongin kaleidoskop adalah Januari 2009, […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: